Senin, 13 Agustus 2012

WinDjView : Pembuka File *.djvu


WinDjView adalah sebuah software yang berfungsi untuk membuka file document yang berformat djvu (dejavu). ada kalanya pada saat kita ingin membuka sebuah ebook kita menemukan file yang berformat djvu sehingga kadang kita bingung untuk membukanya. format  dejavu sendiri adalah sebuah format file dacument yang biasanya terdapat pada  komputer yang dirancang untuk menyimpan dokumen hasil scan, terutama yang berisi kombinasi textgambar garis dan foto. jika kita mempunyai sebuah file yang berformat djvu maka dia tidak dapat dibuka dengan ms word, pdf ataupun notepad. file ini hanya akan dapat dibuka dengan software windjview ini. Djvu biasanya dijadikan format dokumen alternatif sebagai pengganti PDF , karena ukuran filenya lebih kecil daripada ukuran file PDF. Ukuran file djvu lebih kecil sekitar 25% jika dibandingkan dengan ukuran file PDF untuk dokumen yang sama. Kelebihan lainnya adalah loading djvu lebih cepat dari file PDF. Dan karena djvu adalah open document format, banyak program-program yang berhubungan dengan format ini bersifat gratis, baik program viewer-nya atau program converter-nya.

kelebihan format djvu dibanding dengan format file document lainnya :
Djvu dokumen men-download dan menampilkan secara cepat, tepat dengan tampilan sama pada semua platform tanpa masalah kompatibilitas karena font, warna, dan lainnya. DjVu bisa menjadi alternatif yang lebih unggul dari Software lainnya dalam menampilkan format-format tertentu. Di antaranya adalah :

* DjVu lebih baik dari PDF dan PostScript dalam menampilkan dokumen digital
* DjVu lebih baik dari TIFF (dan PDF) dalam menampilkan scanned bitonal documents
* DjVu lebih baik dari JPEG2000 dan JPEG dalam menampilkan foto dan gambar
* DjVu lebih baik dari GIF dalam menampilkan large palettized images
* Djvu adalah satu-satunya web format yang praktis untuk mendistribusikan high-resolution scanned documents yang berwarna. Tidak ada web format lain yang dapat menandinginya dalam hal ini.

Kelebihan Type File .djvu adalah sebagai berikut:
* Bitonal Scanned Documents : 5 - 30KB per halaman di 300dpi (3 - 10 kali lebih kecil dari .PDF atau .tiff)
* Color Scanned Documents : 30 - 100KB per halaman di 300dpi (5 - 10 kali lebih kecil dari .JPEG).
* Foto: 2 kali lebih kecil dari JPEG, hampir sama dengan ukurang JPEG-2000, tetapi decoder / renderer DjVu progresif dan memiliki persyaratan memori yang lebih kecil.
* Palettized Images : 2 kali lebih kecil daripada .GIF ( bisa samapi 10 kali jika isinya kebanyakan teks).
* Digital (non scanned) Documents : antara 1 - 3 kali lebih kecil dari .PDF atau gzipped PS (tergantung jumlah gambar), tetapi page flipping, zooming, panning jauh lebih cepat, dan kualitas gambar pada layar tampilan jauh lebih baik (antialiased teks, dan lainnya).


Kelebihan lainnya yang bisa dibilang yang terpenting adalah bahwa file djvu dapat dengan cepat diload, sehingga melihat dokumen menjadi jauh lebih menyenangkan.
WinDjView ini mempunyai sifat open source dan portabel sehingga kita tidak usah khawatir untuk memakainya dikomputer kita karena tidak memberatkan pc kita, untuk menggunakannya kita cukup klik 2kali WinDjView setelah terbuka klik file --> open lalu pilih file yang berformat djvu

sobat bisa mendownload software ini di situs resminya, disini
atau disini
ref :rizkyaddict-artcolection.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop | Modified by AkaChopa| akachopa.com