Kamis, 02 Mei 2013

Teknologi Hijau, jadikan Bumi kembali Berkicau


Selamat pagi semuanya. Pada Postingan kali ini kita akan membahas tentang "Teknologi Hijau". Sebelumnya apa itu Teknologi Hijau? Apa Teknologi yang berwarna Hijau? Bukan ! Teknologi Hijau adalah salah satu teknik dalam menghasilkan energi tanpa merusak lingkungan. Dapat dikatakan juga bahwa Teknologi Hijau adalah Teknologi yang ramah lingkungan.

Seperti yang kita tahu saat ini, Bumi sedang mengalami krisis energi yang berkepanjangan. Mulai dari kelangkaan sumber daya alam hingga permasalahan emisi gas buang dari berbagai macam mesin ciptaan manusia. Teknologi yang pada mulanya diciptakan  untuk mempermudah pekerjaan. Saat ini justru Teknologi  menjadi bom waktu bagi kita akibat penggunaan yang tidak tepat.


Tampak jelas permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini adalah karena penggunaan kendaraan yang sudah sangat melebihi batas. Sehingga sumber daya minyak yang kita miliki akan cepat habis dan emisi gas buang yang diciptakan dari hasil pembakaran itu menjadi polusi bagi kita. Bayangkan apa yang akan terjadi di tahun-tahun yang akan datang, dengan bertambahnya jumlah kendaraan di muka bumi ini?

Lalu apakah yang harus kita lakukan? apakah kita harus berhenti menggunakan kendaraan? Saya rasa solusi berhenti menggunakan kendaraan sangat tidak bijak sekali. Mengingat betapa bergantungan kita pada Teknologi Kendaraan seperti sekarang ini. Mungkin yang bisa kita lakukan adalah melakukan hal - hal kecil yang berdampak besar bagi kelangsungan kehidupan di bumi ini, Contohnya :

  • Membuang Sampah Pada Tempatnya

Ini adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan namun tanpa disadari dampaknya begitu besar sekali. Dengan membuang sampah pada tempatnya, berarti kita telah ikut andil dalam upaya penyelamatan lingkungan. Tidak sadarkan kita? Jika Sudah dilakukan, Lanjutkan !
  • Memisahkan Sampah Organik dan Anorganik
Sebelum kita membuang sampah, kita kategorikan terlebih dahulu sampah tersebut apakah termasuk sampah organik atau anorganik. Fungsinya adalah untuk memudahkan penanganan terhadap sampah tersebut. Karena bukannya tidak mungkin, untuk sampah sekalipun masih bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lagi. Biasanya disebut dengan produk "daur ulang", ini tentunya akan membuat kita menghemat sumber daya alam yang kita miliki ,bukan?
  • Melakukan Kebersihan Lingkungan Rutin
Alhamdullillah di lingkungan tempat tinggal saya, sudah ada program kerja kebersihan lingkungan yang diadakan secara rutin. Dengan demikian lingkungan tempat tinggal akan menjadi lebih asri. Bagaimana dengan Lingkungan kalian ? Kalau belum, Mulailah sekarang. Semangat untuk menjadikan bumi kita ini tempat yang sehat.
  • Menanam Kembali Lahan Kosong
Coba lihat sekeliling kalian. Pejamkan mata kalian dan bayangkan bagaimana keadaan tempat kalian berdiri sekarang sewaktu 10 tahun yang lalu atau saat kalian masih kecil. Berbeda sekali bukan? Ya. Inilah yang terjadi, dengan dalil kebutuhan ruang bagi kehidupan, dan pemenuhan kebutuhan untuk pembangunan, banyak pohon-pohon ditebang untuk dijadikan tempat tinggal, ladang ataupun untuk diambil kayu nya sebagai bahan baku. Ini tentu membuat kita di posisi serba salah pro dan kontra. Namun tidak perlu khawatir, dari situlah kita harus berfikir maju, meskipun sekarang pohon kita tebang, namun kita harus siapkan penggantinya. Memang tidak akan terganti secara instan, namun setidaknya kita telah menyelamatkan hak anak dan cucu kita untuk merasakan kehidupan yang sejuk dan nyaman. Oleh karena itu mari gemar menanam pohon. 1 Man, 1 Tree.


Ini adalah salah satu langkah Preventif dalam mengatasi permasalan lingkungan. Dengan menanamkan pengetahuan tentang lingkungan dan teknologi hijau terhadap anak - anak, maka secara tidak langsung kita sudah menanamkan kepada anak - anak untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan lebih bijak dalam penggunaan teknologi agar tidak merusak lingkungan, terutama untuk masa yang akan datang.
  • Mengadakan Lomba Kepedulian Lingkungan

Menurut saya ini adalah cara yang unik dalam mengapresiasikan kepedulian kita terhadap lingkungan. Dengan diadakan lomba tentang teknologi hijau, maka setidaknya peserta lomba harus memahami terlebih dahulu apa itu teknologi hijau, apa saja contohnya dan bagaimana menerapkannya. Ini lah yang dilakukan oleh produsen mobil terkemuka, "Daihatsu". Sehingga dengan diakannya lomba tentang teknologi hijau ini, secara tidak langsung sudah menambah wawasan dari peserta lomba. Selain itu, melalui lomba ini dapat dihasilkan cara-cara baru dalam mengatasi permasalahan lingkungan baik dari hasil buah pikir peserta maupun dari pihak penyelenggara.
  • Mengurangi Penggunaan Kendaraan
Mengurangi Penggunaan Kendaaraan adalah salah satu cara kita dalam menghemat persedian Bahan Bakar Minyak yang kita miliki saat ini. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan BBM, salah satunya mengadakan program "hari bebas berkendara". Atau juga dapat menggunakan cara lain, seperti : 
Jalan kaki adalah salah satu alternatif untuk mengurangi penggunaan kendaraan. Selain itu jalan kaki juga merupakan salah satu pola hidup sehat. Telah dikabarkan juga bahwa dengan berjalan kaki, dapat membuat otak kita bekerja lebih baik. Bayangkan, Hanya dengan berjalan kaki, kita sudah menyehatkan diri dan menyelamatkan bumi. Hebat bukan?
Jika jarak yang ditempuh cukup jauh, maka tak ada salah nya kita menggunakan sepeda. Tanpa bahan bakar, tanpa polusi, itulah kendaraan tradisional yang masih sangat berguna hingga zaman modern sekarang ini. 

Jika memang mengharuskan menggunakan kendaraan, ada baiknya jika meminimalisasikan jumlahnya. Meskipun kita memiliki kendaraan pribadi masing-masing, namun tidak ada salahnya bukan kalau perginya boncengan dengan teman. Setidaknya ada kawan untuk mengobrol dijalan dan bisa menghemat uang bensin juga bukan?

Solusi lainnya untuk mengurangi penggunaan kendaraan adalah dengan menggunakan transportasi umum. Mengapa ? Karena selain murah, transportasi umum juga dapat memuat banyak orang dan mengantarkannya ke tujuan dengan satu arah tanpa harus bolak-balik. Ini tentunya dapat menekan angka penggunaan BBM, sehingga semakin lama habisnya.


Jika Mengurangi Penggunaan Kendaraan tidak memungkinkan mengingat kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan, maka solusinya adalah menggunakan kendaraan dengan teknologi yang ramah lingkungan. Teknologi Ramah Lingkungan? Ya. Sebuah Teknologi yang penggunaanya tidak merusak alam atau dengan kata lain Teknologi Hijau, seperti yang kita bicarakan tadi. Apakah mungkin? Mungkin saja, karena saat ini masih ada orang-orang  yang peduli dengan kondisi bumi kita sekarang. Yang masih terus berusaha mengembangkan teknik untuk Teknologi yang ramah lingkungan.

beberapa waktu lalu saya ingin mencari informasi tentang Teknologi untuk melengkapi tugas mata kuliah "konsep Teknologi  saya. Alhasil dari pencarian di google, saya menemukan Teknologi Hijau dari salah satu produsen Mobil Bernama, "Daihatsu". Saya tertarik sekali untuk mengetahui lebih jauh tentang hal tersebut. Saya bangga, karena ditengah maraknya persaingan produksi Mobil  justru Daihatsu memikirkan cara lain untuk produksi Mobilnya, yaitu dengan pengembangan Teknologi Hijau yang ramah lingkungan.

Selain itu Daihatsu juga mengadakan lomba menulis blog yang berkaitan dengan Teknologi Hijau. Saya menyambut baik hal ini, dikarenakan itu sendiri dapat membuat kita semua lebih peduli dengan kondisi bumi saat ini dan menambah wawasan kita tentang Teknologi baru yang bisa menyelamatkan bumi kita dari kehancuran. Disini terlihat kepedulian Daihatsu dengan mengajak masyarakat umum untuk ikut andil dalam era perkembangan Teknologi Hijau yang beberapa waktu lagi akan hadir ditengah-tengah kita.

Berdasarkan informasi yang saya baca, Daihatsu bahkan sudah memiliki blue print tentang Teknologi ini, dan hanya tinggal masalah waktu sajalah Teknologi Hijau itu dapat digunakan secara massal di bumi ini. Berikut adalah tahapan-tahapan pengembangan Teknologi Hijau dari Daihatsu :

  • Tahap 1 - Eco-Idle

Pada Tahap Pertama ini, Daihatsu memulainya dengan Teknologi "Eco-Idle", yaitu teknologi yang dapat mengatur hidup dan mati mesin secara otomatis. Tentu hal ini berguna saat kita sedang berhenti untuk beberapa saat atau dalam keadaan macet. Selain itu, keuntungan lainnya dari Eco-Idle ini adalah dapat mencapai efisiensi komsumsi bahan bakar yang digunakan. Serta dengan adanya sistem i-EGR, mampu menghasilkan pembakaran sempurna, sehingga dapat meminimumkan pengeluaran emisi gas CO2. Sungguh Teknologi yang sangat beguna bukan? Mengingat polusi yang sudah sangat banyak ditimbulkan oleh kendaraan-kendaraan pada saat ini.
  • Tahap 2 - 2 Cylinder TurboCharged Direct Injection

Pada Tahap Kedua ini, Daihatsu mengembangkan teknologi dengan menggunakan mesin 2 silinder Turbocharged. Mesin ini memiliki komponen yang jauh lebih sedikit dibandingkan mesin pada umumnya sehingga mejadi lebih ringan dengan penggunaan bahan bakar yang jauh lebih sedikit pula. Ditambah lagi dengan adanya "Active Ignition System" dan berbagai macam improvement lainnya, efisiensi penggunaan bahan bakar bisa mencai 30 persen.  Dapat kita lihat disini bahwa Daihatsu ingin menghadirkan kenyamanan dalam berkendara dan efisensi bahan bakar yang maksimal.
  • Tahap 3 - PMfLFC

Pada tahap terakhir ini, Daihatsu mengadirkan tekologi yang disebut "PMfLFC" atau Precious Metal Free Liquid Freed Fuel Cell. Pada tahapan ini, emisi gas buag CO2 ditekan semaksimal mungkin hingga mencapai titik nol. Tentu inilah kendaraan ramah lingkungan yang kita nantikan bukan? Untuk membuat kendaraan inipun digunakan sumber daya alam yang lebih sedikit, sehingga meminimalkan pengeluaran biaya. Disini Daihatsu berfokus pada penggunaan bahan bakar cair baru yang disebut  "Hidrazin Hidrat", yaitu sebuah zat yang memiliki kepadatan energi yang tinggi dan tidak menghasilkan CO2. Inilah bahan bakar yang sangat tepat sekali untuk Mobil ramah lingkungan pada masa-masa yang akan datang.

beberapa contoh produk kendaraan ramah lingkungan dari Daihatsu :



Sejujurnya setelah membaca artikel tentang teknologi Hijau dari Daihatsu, saya pun tersadar bahwasanya bumi kita ini sudah amat sakit menanggung dampak dari penggunaan teknologi yang tidak ramah lingkungan. Terlepas dari keikutsertaan saya dalam lomba ini, Saya memberikan apresiasi kepada Daihatsu yang sudah memikirkan tentang kondisi bumi kita ini untuk masa yang akan datang. Oleh karena itu, melalui tulisan ini, saya mengajak teman-teman semuanya untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Mungkin dapat dimulai dengan melakukan hal - hal diatas, Sembari menunggu Teknologi Hijau tersebut hadir ditengah-tengah kita. Dengan Teknologi Hijau  kita buat kembali bumi berkicau. SAVE OUR EARTH, kalau bukan kita SIAPA LAGI ?

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat ^_^
by akachopa

119 komentar:

  1. kerren gan ulasannya, sangat mudah di phami. please kunjungan baliknya. trims

    http://achriyadi.blogdetik.com/2013/04/19/teknologi-hijau-persembahan-daihatsu-untuk-bumi-yang-lebih-baik-lagi/

    BalasHapus
  2. Good Post gan :D
    ayo sama-sama kita mulai menata kembali bumi ini dari sekarang. untk masa depan yang lebih sehat.

    BalasHapus
  3. terima kasih gan... tunggu kunjungan nya

    BalasHapus
  4. Semangaaaat,, semangat menghijaukan bumi tercintaaa...
    Gooduck yaaahh
    silahkan mampir http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-itu-seger-di-bumi-irit.html#more

    terimakasih :-)

    BalasHapus
  5. Mantap Euy tulisannya..
    Kunjung balik at : http://rajartikel.blogspot.com/2013/04/tekhnologi-hijau-yang-unggul_30.html

    BalasHapus
  6. sudah saya kunjungi semua...semoga apa yg kita tulis tidak semata2 hanya untuk memenuhi perlombaan saja, namun juga sbg batu loncatan bagi kita untk benar2 serius memperhatikan kondisi bumi kita ini ^_^

    BalasHapus
  7. menarik banget ulasannya
    #salam kompetisi

    kunjungi balik ya http://azhie-anagakaci.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-daihatsu.html

    BalasHapus
  8. kurangi "antrian" di SPBU dengan teknologi hijau nan hemat..

    BalasHapus
  9. @azhie.. makasih banyak ya,,salam kompetisi jg
    oke.tunggu aja , nanti tak mampir kesana..

    BalasHapus
  10. @beta : teknologi masa depan yang sudah tak sabar lagi ingin kita gunakan... :P

    BalasHapus
  11. Ulasannya lugas dan jelas gan….Keep Blogging & selamat berkompetisi ^_^

    Mampir di pondok ane ya, Trims :)

    http://lifeexpeditionblog.blogspot.com/2013/04/manusia-dan-teknologi-hijau.html

    BalasHapus
  12. mari kita dukung gerakan teknologi hijau

    BalasHapus
  13. @alfa : oke..makasih ya.. tunggu aja, ntar ane mampir dahh :D

    BalasHapus
  14. @dani : mari kita dukung bersama-sama ^_^

    BalasHapus
  15. Solusinya?
    bumihanguskan, mulai lg dari awal tanpa ngulangin kesalahan yg sama

    BalasHapus
  16. kalo udah hangus semua, mau mulai dari mana lagi om mustofa???

    BalasHapus
  17. kira-kira kapan ya teknologi itu bisa digunakan?

    BalasHapus
  18. Secepatnya lah. Soalnya konsep nya udah ada. :D

    BalasHapus
  19. kita tunggu aja. moga2 saja tidak terhenti di batas perencanaan semata

    BalasHapus
  20. insyaallah tidak. soalnya beberapa contoh nya jg udah ada. bisa di lihat di website daihatsu.co.id

    BalasHapus
  21. ok. sukses untuk lombanya ya

    BalasHapus
  22. Trims atas kunjungan ente Gan
    Tulisan ente mantap dengan gambar2 yg sesuai dengan jalan dan tujuan penulisan
    Semoga menang ya Gan...

    BalasHapus
  23. @Laris Manise.. Makasih Gan.. Semoga menang jg :D

    BalasHapus
  24. mari kita dukung teknologi hijau daihatsu :D

    BalasHapus
  25. Hidup Teknologi Hijau, Haahahahaha

    BalasHapus
  26. @yohanna : yuph ;) mari kita dukung bersama-sama :D

    BalasHapus
  27. @azis : hahaha..hidup teknik ! hidup teknologi hijau ;)

    BalasHapus
  28. Kirain teknologi yg wrn hijau, Aha :D

    BalasHapus
  29. @jeffry : hahha..au ah jeff... ;) masa hijau semua :P

    BalasHapus
  30. Mantappppp.....
    Hidup teknologi hijau :D

    BalasHapus
  31. tulisannya ngus dan bermnfaat sekalee:D

    BalasHapus
  32. @bethe : siph..mari kita dukung teknologi hijau bet :D

    BalasHapus
  33. iya..makasih banyak gan. semoga berguna ;)

    BalasHapus
  34. semangat kak robbie, semangat menghijaukan bumi ( '̀⌣'́ )ง
    good luck (y)
    semoga menang (ʃƪˆ⌣ˆ‎ )" O:)

    BalasHapus
  35. good post..
    ttap blogging y n moga aj menang.. aminnn

    BalasHapus
  36. Review yang bagus gan, salam blogger..

    BalasHapus
  37. artikelnya sangat bagus :)
    http://aku-iki.blogspot.com/2013/04/hidup-dengan-teknologi-hijau.html

    BalasHapus
  38. Pengingat yang bagus untuk kita selalu memiliki solusi yang bijak tdhp setiap masalah, termasuk tentang berkendara :)

    BalasHapus
  39. @adhe rizky : makasih dek :D ,,oke..smangat ^_^

    BalasHapus
  40. Parasmita Onesty3 Mei 2013 pukul 13.48

    like...gunakan teknologi hijau...
    selamat kan bumi kita :)

    BalasHapus
  41. kunjungan balik :)
    keren gan ulasannya, salam kompetisi :)

    http://yusranrasyid.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-daihatsu-inovasi-untuk.html

    BalasHapus
  42. blogwalking gan...nice artikel tekonologi hijau top markotop :)

    BalasHapus
  43. yang belum mampir silahkan mampir diGreen Technology :-D

    BalasHapus
  44. Waah... keren banget nih postingannya... mengispirasi juga... jangan lupa ya visit, komen dan minta jempolnya di http://azisar.blogdetik.com/2013/05/03/generasi-teknologi-hijau-masa-depan/

    BalasHapus
  45. @Parasmita : iya..manfaatkan sebaik mungkin ya :D

    BalasHapus
  46. @Rachmat Ade : iya de, mohon dukungannya ya ^_^

    BalasHapus
  47. @Achmad Yusran : makasih ya.. oke..tunggu aja, ntar ane mampir gan :D

    BalasHapus
  48. @rastra pratama : iya gann... makasih banyak ya atas kunjungannya.mohon doa'a jg :D

    BalasHapus
  49. @saajid Juba : terima kasih atas kunjungannya,, tunggu aja kunjungan baliknya :D

    BalasHapus
  50. @Azis Arianudin : iya,, makasih gann.. okee..ntar kita kunjungin dah :D

    BalasHapus
  51. Setuju Gan dengan isi postingannya...
    Keep Blogging....semoga jadi pemenang #teknologi hijau

    Kunjugan balik http://soktauit.blogspot.com/2013/04/lingkungan-dan-teknologi-hijau-daihatsu.html

    BalasHapus
  52. Mantep nih postingannya. Semoga tulisan para blogger menjadi startup dalam sebuah Teknologi Hijau yang dirintis oleh Daihatsu.

    http://deprito.net/website/teknologi-mobil-hijau-seberapa-penting/

    BalasHapus
  53. yuk gan... maju terus, dukung penghijauan

    nice blog :)

    BalasHapus
  54. Wahhh sobb keren nih postingannya panjang :D ^_^.
    yang udah like postingan ni di FB ada brapa sob??

    BalasHapus
  55. Nice gan, informatif :)
    http://mhdharis.blogdetik.com/2013/05/03/daihatsu-sahabatku-teknologi-hijau-sahabat-bumiku/

    BalasHapus
  56. Good ;p Menarik ...

    "Salam kompetisi, for Go Green"

    BalasHapus
  57. mantap...slmt brkompetisi ya gan...

    BalasHapus
  58. mantap gan... hijaukan terus indonesia dimata dunia.

    jangan sekedar juga ikut lomba saja.tapi juga tumbuhkan komitmen kita seperti daihatsu untuk menghijaukan dunia.

    mampir sini ya... http://23djohand.blogspot.com/2013/04/technology-hijau-dari-daihatsu-untuk.html#more

    BalasHapus
  59. salam kompetisi sehat gan :) jangan lupa komen juga postingan saya di miqbltwkkl.blogspot.com :)

    BalasHapus
  60. Keren Ulasanya

    Mampir sini: http://gratisan-pol.blogspot.com/2013/04/teknologi-hijau-selamatkan-bumi-kita.html

    BalasHapus
  61. Mantep, cuma teknologi hijau yang bisa kaya gini ...
    salam kompetisi gan ..! hehe

    BalasHapus
  62. @Nosta Perlin Nazara : hehhe...makasih gan..smoga ane menang juga. oke. tunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
  63. @Antonio Andre : bener bgt tu gan, smeoga aja. oke. ntar ane tak mampir ya

    BalasHapus
  64. @Coretan Newbie : oke gan. makasih. Dukung penghijauan !!!

    BalasHapus
  65. @Fadlan Setia : hehe,,,emank panjang...soalnya lumayan jg gambar nya..kalo like post ini kurang tau jg y,, :D

    BalasHapus
  66. @mhdharis : oke gan. makasih ya, ntar ane mampir tempat agan :D

    BalasHapus
  67. @cocoper6 : thank you. salam kompetisi juga :D

    BalasHapus
  68. @Bayu Ardhana : oke..makasih ya. mohon Do'a nya

    BalasHapus
  69. @Djohand Vengeance : oke gann.. semoga ini gak hanya sebatas lomba doank :D

    BalasHapus
  70. @Muhammad Iqbal : salam kompetisi juga gann..oke.ntar aneh kunjungin

    BalasHapus
  71. @Angga Setya DG : oke..makasihh ya..ntar aneh kunjungin jg

    BalasHapus
  72. @Raden Arya : hahah..iya gan, cuma teknologi hijau-nya daihatsu yg bisa kayak gini..
    Salam kompetisi jg :D

    BalasHapus
  73. Like this..
    info yang bagus bie (y)
    buat bnyk info ttg yg kyk gini, sip dah.
    semangat ^_^

    BalasHapus
  74. Go green with Daihatsu! Mantap :D
    Salam blogger, kunjung balik ya..

    Bumi dan Kita Sama-Sama Butuh Teknologi Hijau Daihatsu

    BalasHapus
  75. Benarkah teknologi hijau bisa menjadikan bumi kembali hijau? Buktikan Temann-teman

    BalasHapus
  76. selalu jaga bumi qt,,,
    save earth with our hand,,
    nasib bumi tergantung pada qtbersama,,,

    BalasHapus
  77. @Yuniarthie Putrihanita : hehhe,,makasih ya,, oke..ditunggu aja,, :D

    BalasHapus
  78. @Chalimi Fithratu : oke.. salam blogger jg. nantikan kunjungan nya :P

    BalasHapus
  79. @Sugraha's Creativity : scara langsung, tknologi hijau tdak akn mmbuat bumi kmbali hijau, namun dgn menggunakannya, stidaknya kita tlah memperlambat waktu kehancuran bumi dan memberikan bumi waktu yg lebih lama untuk beregenerasi lagi :D

    BalasHapus
  80. @Anonim : siph..benar sekali.. kalo bukan kita, siapa lagi kan? :D

    BalasHapus
  81. Keren,Like this,,,
    Save our Earth... :)

    BalasHapus
  82. Amazing. Gambar-gambar yang mendukung isi postingan.
    selamat berkompetisi gan.
    Kunjugan balik gan.

    BalasHapus
  83. @nuhunsugih : makasih ya.. :D

    BalasHapus
  84. @Avriel Dwie : oke dehh.. makasih ya april :D

    BalasHapus
  85. @Buldani ; oke.. makasih gann..ntar ane kunjungi :D

    BalasHapus
  86. ulasan yang bagus gan.. salam lestari...

    BalasHapus
  87. teknologi hijau masa depan sangat bagus

    BalasHapus
  88. @fajr muchtar : terima kasih banyak gan. Salam lestari :D

    BalasHapus
  89. @taufik-xp : yuph..bener bgt tu gan :D

    BalasHapus
  90. bantu like tulisan saya yg judulnya : Hidup dengan teknologi hijau ya :)
    http://microsite.detik.com/minisite/daihatsublog/listblog

    BalasHapus
  91. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  92. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  93. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  94. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  95. udah mas, 42 voted like done by me...silahkan cek. Selamat berkompetisi

    BalasHapus
  96. good postingan gan !

    BalasHapus
  97. perlu banyak belajar nulis dari agan ni. like this

    BalasHapus
  98. ini post untk lomba ya? keren. semoga menang

    BalasHapus
  99. jadi ini ya ? pantesan promo terus .hahaha, tapi saya suka tulisannya. GO GREEN !!!!!

    BalasHapus
  100. @hamba allah : terima kasih banyak gan sudah mampir :D

    BalasHapus
  101. @blogger newbie : hehe.. ane bukan penulis tpi gan :P

    BalasHapus
  102. @reyhan : iya...mohon dukungannya ya :D

    BalasHapus
  103. @anonim : hahaa..iya..makasih byak ya ;)

    BalasHapus
  104. makasih sob y infonya wah2 sudah banyak nih yg polling semoga menang ya

    BalasHapus
  105. keren gan artikelnya, kartunya juga bagus lucu

    BalasHapus
  106. @randy : makasih sob... ya..semoga menang..amien..agan jg ya :D

    BalasHapus
  107. @Dian : oke..makasih ya dian :D

    BalasHapus
  108. Bagus gan, tapi sayang ya, LIKE nya dikit :D

    BalasHapus
  109. Makasih, Gak apa2 jg. Yg penting udah berusaha... masih ada harapan di kategori yg lainnya . Tetap Semangat ^_^

    BalasHapus
  110. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  111. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  112. bagus :) dan mudah dimngerti. berikut dengan contoh sehari hari :)

    BalasHapus

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop | Modified by AkaChopa| akachopa.com